Wednesday, March 11, 2015

Jalan Puncak Pass - Ombilin-Solok

https://youtu.be/D5kXYefb0X8
Bila berkunjung ke Batusangkar kita memandangi keindahan Danau Singkarak di ketinggian yang sungguh mempesona. Dari Puncak Pass, danau terbesar di Sumatera ini terlihat dikelilingi hamparan sawah dan ladang penduduk serta barisan bukit barisan. Diantara hijaunya sawah, juga terlihat jelas rel kereta api menuju Ombilin melintas panjang. Disini terlihat indahnya pemandangan danau yang terletak di kabupaten Tanah Datar dan Solok ini.

Bermalam di Batusangkar, sambil menikmati malam dengan di temani minuman khas Batusangkar yang tersohor bernama Kawa daun. Kawa daun adalah teh yang bahan bakunya dari daun kopi. Rasa yang cukup aneh namun terkadang bikin rindu. Paling pas disantap dengan sepotong pisang goreng yang masih panas-panas kuku.
Selain ke Batusangkar, tak lupa berkunjung ke danau Singkarak. Danau yang terkenal dengan ikan Bilih (Bilis), dan pangek ombilinnya. Banyak terdapat lapau nasi (warung makan) yang menyediakan pangek. Pangek adalah gulai ikan mas yang pedas sampai ubun-ubun.. Satu budaya yang lekat  di  Ranah Minang, setiap datang bertamu, apalagi tamu jauh, wajib hukumnya untuk makan, dan makan ala orang minang adalah  NASI BAJAMBA dan SAMBA LADO TANAK.



No comments:

Post a Comment